Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan Praktikum Amplifier Adder dan Subtractor PDF

Laporan Praktikum Operational Amplifier Adder dan Subtractor PDF - Download Laporan Praktikum Operational Amplifier Adder dan Subtractor dengan format PDF. Laporan ini dapat di download dengan mudah secara gratis. Tulisan ini berisi laporan praktikum Operational Amplifier Adder dan Subtractor. Adapun tujuan dari praktikum ini adalah mengerti dan memahami cara kerja rangkaian Adder dan Subtractor.

Laporan Praktikum Amplifier Adder dan Subtractor PDF


Laporan Praktikum Amplifier Adder dan Subtractor PDF

Abstrak

Rangkaian adder adalah rangkaian penjumlahan yang dasar rangkaiannya adalah rangkaian inverting amplifier dan hasil outputnya adalah dikalikan dengan penguatan seperti pada rangkaian inverting.Sedangkan rangkaian pengurang ini berasal dari rangkaian inverting dengan memanfaatkan masukan non-inverting, sehingga persamaannya menjadi berubah. Hasil praktikum didapat ketidaksesuaian pada praktikum berdasarkan teori dan perhitungan konvesional rangkaian adder, penyebabnya adalah karena kurangnya ketelitian praktikan saat membaca multimeter dan juga alat yang tidak dalam keadan baik secara sistem internal rangkaian adder, untuk rangkaian subtractor memiliki kesesuaian antara teori dan perhitungan konvensional.

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Elektronika merupakan ilmu yang sangat penting bagi manusia sebab menyangkut tentang kelistrikan yang menjadi salah satu energy terpenting dalam kehidupan manusia. Sebagai bagian dari Fisika, pada elektronika juga tidak cukup jika hanya dipelajari secara teori sehingga membutuhakan praktek/praktikum untuk membantu kita dalam memhami dan mengaplikasikannya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah praktikum elektronika dasar ini yakni tentang rangkaian Penguat Daya Audio sekaligus untuk memenuhi persyaratan dari mata kuliah Elektronika Fisis Dasar II.

Sebuah op-amp merupakan sebuah rangkaian integrasi (IC) linear yang mampu memberikan penguatan yang sangat besar dan dapat dioperasikan pada interval tegangan yang cukup lebar.

Pemakaian op-amp amatlah luas meliputi bidang elektronika audio, pengatur tegangan dc, tapi aktif, penyerah presisi, pengubah analog ke digital dan pengubah digital ke analog, pengolah isyarat seperti cuplik tahan, penguat pengunci, pengi tegral, kendali otomatik, computer analog, elektronika nuklir, dan lain- lain.

Sehingga pada praktikum kali ini, akan dilakukan beberapa penggunaan op-amp dalam kasus sederhana yang meliputi sifat-sifat dasar op-amp, yakni sebagai penguat membalik, penguat tidak membalik, integrator dan differensiator.

TUJUAN

  1. Mengerti dan memahami rangkaian Adder dan Subtractor.
  2. Mampu menganalisis cara kerja rangkaian Adder dan Subtractor.


TEORI DASAR

Operational Amplifier diaplikasikan bersama komponen-komponen lain, seperti resistor dan kapasitor untuk menghasilkan berbagai operasi matematis, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, integrasi, dan diferensiasi (yang menjadi alasan mengapa dinamakan operational amplifier).

1. Adder /Penjumlah

Rangkaian penjumlah atau rangkaian Adder adalah rangkaian penjumlahan yang dasar rangkaiannya adalah rangkaian inverting amplifier dan hasil outputnya adalah dikalikan dengan penguatan seperti pada rangkaian inverting. Pada dasarnya nilai outputnya adalah jumlah dari penguatan masing-masing dari inverting seperi gambar berikut

2. Subtractor/Pengurang

Rangkaian pengurang ini berasal dari rangkaian inverting dengan memanfaatkan masukan noninverting, sehingga persamaannya menjadi berubah. Rangkaian ini terdiri dari 3 macam yaitu:
  • Rangkaian dengan 1 op-amp
  • Rangkaian dengan 2 op-amp
  • Rangkaian dengan 3 op-amp
Rangkaian pengurang dengan 1 op-amp ini memanfaatkan kaki inverting dan kaki non inverting. Dengan persamaan:[4,2]


Prosedur Percobaan

Alat dan Bahan

  • Kit elektronika dasar untuk Operation amplifier Adder dan Subtractor.
  • Osiloskop
  • Sinyal Generator
  • Banana Connector
  • Multimeter

Langkah Kerja

Alat dan bahan disiapkan yang akan dibutuhkan,alat dan bahan diperiksa supaya dipastikan dalam keadaan baik, tabel pengamatan untuk adder adan subtraktor disiapkan, kemudian tabel pengamatan diisi berdasarkan pengamatan.

Pengolahan Data dan Pembahasan

Berdasarka teori yang ada bahwa rangkaian penjumlah atau rangkaian Adder adalah rangkaian penjumlahan yang dasar rangkaiannya adalah rangkaian inverting amplifier dan hasil outputnya adalah dikalikan dengan penguatan seperti pada rangkaian inverting.

Sedangkan rangkaian pengurang ini berasal dari rangkaian inverting dengan memanfaatkan masukan non-inverting, sehingga persamaannya menjadi berubah. Adapun hasil yang di peroleh berdasarkan praktikum untuk rangkaian adder antara perhitungan konvensional dengan data yang diperoleh untuk tegangan output pada multimeter berbeda jauh.

Hal ini dikarenakan karena adanya beberapa faktor error yaitu seperti ketelitian dalam pembacaan tegangan pada multimeter yang tidak teliti dan juga faktor alat yang kurang baik sehingga hasil yang diperoleh tidak tepat dengan konsep teori yang seharusnya jumlahan tegangan inputan adalah tegangan output sementara hasil praktikum tegangan output didapat setengah dari penjumlahan inputan.

Sementara untuk hasil praktikum kedua pada sistem rangkaian subtraktor di peroleh hasil untuk tegangan yang hampir sama antara teori dan perhitungan konvesional yaitu untuk tegangan output yang merupakan pengurangan jumlah inputan kedua dikurang teganagan inputan pertama,adapun sedikit perbedaanya disebabkan karena kurangnya ketelitian dalam membaca multimeter.

Kesimpulan

Rangkaian adder adalah rangkaian penjumlahan yang dasar rangkaiannya adalah rangkaian inverting amplifier dan hasil outputnya adalah dikalikan dengan penguatan seperti pada rangkaian inverting. Sedangkan rangkaian pengurang ini berasal dari rangkaian inverting dengan memanfaatkan masukan non-inverting, sehingga persamaannya menjadi berubah.

Hasil praktikum didapat ketidaksesuaian pada praktikum berdasarkan teori dan perhitungan konvesional rangkaian adder, penyebabnya adalah karena kurangnya ketelitian praktikan saat membaca multimeter dan juga alat yang tidak dalam keadan baik secara sistem internal rangkaian adder, untuk rangkaian subtractor memiliki kesesuaian antara teori dan perhitungan konvensional.

Laporan ini disusun oleh: Sapto Wijanarko R. (1211703031), Siti Maryam (1211703033), Siti Rofiqoh(1211703034), Nizar Nuril B (12107030) pada 26 Febuari 2013.

DOWNLOAD LAPORAN ELEKTRONIKA
OPRATIONAL AMPLIFIER ADDER DAN SUBTRACTOR PDF

Post a Comment for "Laporan Praktikum Amplifier Adder dan Subtractor PDF"