Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Praktikum Decoder BCD 7 Segment

LAPORAN PRAKTIKUM DECODER BCD KE-7 SEGMENT

Laporan Praktikum Decoder BCD 7 Segment PDF

Download Laporan praktikum Decoder BCD ke 7 Segment dengan format PDF. Laporan ini dapat didownload dengan mudah secara gratis. Decoder merupakan rangkaian logika yang menerima input-input biner dan mengaktifkan salah satu output-nya sesuai dengan urutan biner input-nya. Tujuan laporan ini yaitu untuk memahami cara kerja dekoder BCD ke kode 7-segment.

A. Tujuan

Memahami cara kerja dekoder BCD ke kode 7-segmen

B. Dasar Teori

Sebuah decoder adalah rangkaian logika yang menerima input-input biner dan mengaktifkan salah satu output-nya sesuai dengan urutan biner input-nya. Beberapa rangkaian decoder yang sering dijumpai adalah decoder 3x8 ( 3 bit input dan 8 output line), decoder 4x16, decoder BCD to Decimal (4 bit input dan 10 output line), decoder BCD to 7 segment (4 bit input dan 8 output line).

Dalam pemakaian kalkulator, bilangan yang dimasukkan melalui tombol kunci (tuts) perlu diubah dari bentuk desimal ke dalam biner. Sebaliknya bilangan yang muncul pada tampilan kalkulator juga mengalami proses pengubahan dari bentuk biner ke dalam format 7 segmen yang pada umumnya benbentuk desimal. Perhatikan Gambar berikut.

Seven segment adalah suatu segmen-segmen yang digunakan untuk menampilkan angka / bilangan decimal. Seven segment ini terdiri dari 7 batang LED yang disusun membentuk angka 8 dengan menggunakan huruf a,b,c,d,e,f yang disebut DOT MATRIKS. Setiap segment ini terdiri dari 1 atau 2 LED (Light Emitting Dioda) yang disusun sedemikian rupa untuk menampilkan numeris sehingga membentuk angka delapan, ditambah satu LED bulat kecil untuk dot (titik), untuk menghidupkan ruas-ruas LED tersebut sama dengan LED tunggal yaitu memberi arus sekitar 10-20 mA dari anoda ke kathoda. Peraga 7 segmen digunakan untuk menampilkan bilangan desimal dari 1 sampai dengan 9. Pada umumnya digit desimal tersedia dalam bentuk BCD.

Agar peraga 7-segmen dapat menampilkan suatu angka (desimal), maka diperlukan rangkaian pengendali untuk menterjemahkan keadaan logika masukan BCD menjadi angka yang sesuai. Rangkaian pengendali itu disebut dekoder BCD ke peraga 7 segmen.

Dekoder BCD ke 7 segmen jenis TTL ada beberapa macam diantaranya keluarga IC TTL 7447 dan keluarga IC TTL 7448. Kedua IC TTL tersebut memiliki fungsi yang sama namun peruntukannya berbeda IC 7447 digunakan untuk driver 7 segment common anoda sedangkan IC 7448 digunakan untuk driver dispaly 7 segment common cathode. IC dekoder BCD ke 7 segment sering juga dikenal sebagai driver display 7 segment karena selalu digunakan untuk memberikan driver sumber tegangan ke penampil 7 segmen.

Konfigurasi Pin IC Dekoder BCD Ke 7 Segmen 7447 Dan 7448 Jalur input data BCD, pin input ini terdiri dari 4 line input yang mewakili 4 bit data BCD dengan sebutan jalur input A, B, C dan D. Jalur ouput 7 segmen, pin output ini berfungsi untuk mendistribusikan data pengkodean ke penampil 7 segmen. Pin output dekoder BCD ke 7 segmen ini ada 7 pin yang masing-masing diberi nama a, b, c, d, e, f dan g.


C. Metode Eksperimen

1. Alat dan Bahan

- IC 7448
- Papan percobaan
- Seven segmen katoda
- Baterai 9V
- 16 buah kabel penghubung (jumper)
- 2 buah penjepit buaya

2. Prosedur Praktikum

a) alat dan bahan disiapkan
b) Seven segmen dan IC 7408 disusun pada papan percobaan
c) Kaki seven segmen dihubungkan ke kaki IC 7408 dengan kabel penghubung sesuai dengan skema alat, yaitu:
  • Kaki 15 IC 7448 dihubungkan dengan kaki f seven segmen
  • Kaki 14 IC 7448 dihubungkan dengan kaki g seven segmen
  • Kaki 13 IC 7448 dihubungkan dengan kaki a seven segmen
  • Kaki 12 IC 7448 dihubungkan dengan kaki b seven segmen
  • Kaki 11 IC 7448 dihubungkan dengan kaki c seven segmen
  • Kaki 10 IC 7448 dihubungkan dengan kaki d seven segmen
  • Kaki 9 IC 7448 dihubungkan dengan kaki e seven segmen

d) Kaki ground pada kedua sisi seven segmen dihubungkan
e) Rangkaian dihubungkan pada sumber tegangan:
  • Kaki 16 IC 7448 dihubungkan dengan positif baterai
  • Kaki 8 IC 7448 dihubungkan dengan negatif baterai
f) Mentapkan kaki 1, 2, 6, dan 7 berturut turut sebagai kaki input B, C, D, A
g) Input BCD seperti yang tertera pada tabel data pengamatan dimasukkan
h) Mengamati output yang dihasilkan
i) Mencatat hasil percobaan pada tabel data pengamatan

3. Skema Alat


D. Analisa Hasil dan Pembahasan


E. Kesimpulan

Rangkaian decoder BCD ke seven segmen berfungsi sebagai penampil input yang berupa bilangan biner menjadi nilai desimalnya, yaitu berupa angka 0 sampai 9. Dengan cara input biner masuk ke dalam decoder, kemudian decoder mengkonversi bilangan biner tersebut menjadi desimal, yang nantinya desimal akan ditampilkan pada seven segment.

Ditulis oleh: Yuli Julaila
Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sebelas Maret
Tahun: 2017

Post a Comment for "Praktikum Decoder BCD 7 Segment"